Pengiriman Relawan ke Lokasi Banjir Pacitan

BSMI KOTA BLITAR mengirimkan tim relawan sebanyak 5 orang ke bencana Banjir bandang Pacitan. Para relawan dikirim untuk membantu penanganan medis, psikologis, dan pemberian bantuan logistik kepada korban banjir.
Para tim yang dikirim BSMI KOTA BLITAR terdiri dari 1 tenaga dokter, 3 tenaga medis dan 1 tenaga umum. Selain itu aktivitas ini juga diikuti tim BSMI dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Ketua BSMI Kota Blitar “dr Azhar Anwar menyampaikan pengiriman relawan merupakan bentuk kepedulian BSMI KOTA BLITAR terhadap bencana banjir yang menimpa warga Pacitan. Dengan keberadaan relawan di wilayah bencana diharapkan dapat mempercepat proses evakuasi.

“Prioritasnya untuk komando kemanusiaan terutama korban sakit pasca musibah banjir, logistik, akses dan mengalami trauma berat yang berisiko mengalami sakit. Harus bergerak cepat agar korban tidak semakin bertambah,” katanya saat melepas tim relawan, Jumat (1/12) di Markas BSMI KOTA BLITAR.

Sebelum memberangkatkan 5 relawan, telah ada tim pendahulu dari BSMI Pacitan yang dikirim lebih awal. Tim ahli ditugaskan untuk melakukan assesment tanggap darurat bencana. Berikutnya lebih dari 25 orang tim medis dari berbagai cabang BSMI Jawa Timur diberangkatkan untuk membantu memberikan penanganan medis korban bencana.

“Setelah ini akan diberangkatkan pula Kloter 2 yakni tim dokter, Perawat Jiwa dan juga perawat umum serta tim siaga bencana,” imbuh Koordinator Relawan BSMI KOTA BLITAR, Dr. Andik Setiawan.

Para relawan diterjunkan di wilayah bencana selama satu minggu. Pengiriman relawan akan dilakukan kembali apabila masih dibutuhkan.

“Setelah satu minggu relawan akan ditarik kembali dan akan mengirimkan tim relawan yang berbeda lagi apabila disana masih membutuhkan bantuan tenaga,” ujarnya.

Reply