Operasi Katarak Gratis oleh BSMI Kota Blitar

Mengingat arti penting kesehatan mata untuk masyarakat, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kota Blitar bersama  Radio Mayangkara Blitar dan Klinik Mata Utama Gresik memberangkatkan operasi katarak gratis bagi  warga masyarakat Blitar dan sekitarnya. Operasi dilaksanakan di Klinik Mata Utama Gresik, Selasa (18/04) diikuti 4 pasien penderita katarak.

  1. Azhar Anwar, Ketua BSMI Kota Blitar, mengatakan operasi katarak gratis merupakan  kegiatan rutin setiap bulan yang terus berlanjut. Keberlanjutan program operasi gratis ini disebabkan masih banyak masyarakat penderita katarak yang membutuhkan.Tercatat, setidaknya 285 juta orang di dunia mengalami kebutaan. Data Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan mencatat 80 persen kasus-kasus tersebut sebenarnya dapat dihindari jika masyarakat mendapatkan layanan mata yang komprehensif.

    Terkait pelaksanaan operasi, menurut dr. Azhar Anwar, dilakukan dengan bekerjasama dengan semua pihak mulai dari pemberangkatan dan jalanya operasi.
    “Bantuan Kendaraan Ambulance dari Radio Mayangkara Blitar serta Pihak Tenaga medis dari Klinik Mata Utama tentu sangat meringankan beban masyarakat penderita katarak yang kurang mampu. Bagimanapun operasi katarak itu mahal, alat-alatnya mahal, karena itu terima kasih kepada para pihak pihak terkait dan juga para donatur yang telah ikut membantu mensukseskan acara ini,” tuturnya.

    dr. Azhar Anwar, mengatakan operasi katarak gratis terbuka untuk warga se-Blitar dan Sekitarnya. Berbagai pihak terus bertekad saling dukung-mendukung untuk mewujudkan Blitar bebas katarak.
    Ia berharap dengan operasi gratis ini nantinya akan dapat menurunkan angka kebutaan akibat katarak.

    “Katarak masih menjadi penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia. Padahal, penyakit ini sebenarnya bisa diantisipasi. Sayangnya, masyarakat belum memahami sepenuhnya mengenai katarak dan penyembuhannya,”

Reply